Cara Mencegah Spam Komentar

Komentar adalah cara yang baik bagi pemilik situs untuk membangun komunitas dan jumlah pembaca. 

Sayangnya, komentar sering kali disalahgunakan oleh pelaku spam dan orang-orang tidak bertanggung jawab, banyak di antaranya yang mengunakan skrip atau perangkat lunak lainnya untuk membuat dan mengeposkan spam. 


    Jika Anda pernah menerima komentar yang tampak seperti iklan atau link acak ke situs yang tidak terkait, berarti Anda telah menerima spam komentar.

    Komentar Spam Berbahaya

    Jenis spam ini dapat membahayakan situs Anda dengan berbagai cara, termasuk:
    • Konten berkualitas rendah di beberapa bagian situs web dapat memengaruhi keseluruhan peringkat situs.
    • Spam dapat membingungkan dan mengganggu pengguna serta mengurangi reputasi situs.
    • Lalu lintas yang tidak direncanakan dari konten tidak terkait di situs Anda dapat memperlambat situs dan meningkatkan biaya bandwidth.
    • Google mungkin menghapus atau mendemosikan halaman yang dipenuhi dengan spam buatan pengguna untuk melindungi kualitas hasil penelusuran.
    • Konten yang diberikan oleh pelaku spam dapat mengarah ke situs berbahaya yang dapat memberikan pengaruh negatif kepada pengguna Anda.

    Cara Mencegah Spam Komentar

    Penting bagi Anda untuk menemukan cara melindungi situs web dari jenis spam berbahaya . Berikut beberapa ide untuk mengurangi atau mencegah spam komentar di situs web.

    1. Setting Kolom Komentar

    Pertimbangkan kembali jika ingin mengaktifkan buku tamu atau komentar

    Halaman yang penuh dengan spam tidak memberikan kesan situs yang baik kepada pengguna. Jika fitur ini tidak memberikan banyak manfaat bagi pengguna, atau jika Anda tidak memiliki waktu untuk memantau komentar secara rutin, pertimbangkan untuk menonaktifkannya. Sebagian besar perangkat lunak blog, seperti Blogger, menyediakan opsi bagi Anda untuk menonaktifkan komentar untuk setiap postingan.

    2. Moderasi Komentar

    Mengaktifkan moderasi komentar dan pembuatan profil

    Moderasi komentar berarti tidak ada komentar yang akan muncul di situs sampai Anda meninjau dan menyetujuinya. Artinya Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk memantau komentar, namun hal ini sangat membantu meningkatkan pengalaman pengguna bagi pengunjung situs. 

    Tindakan ini terutama berguna jika Anda secara rutin mengeposkan subjek kontroversial yang dapat memicu emosi. Umumnya fitur ini tersedia sebagai setelan dalam perangkat lunak blog Anda, misalnya Blogger.

    Mewajibkan orang untuk memvalidasi alamat email asli saat mereka mendaftar akun baru dapat mencegah banyak spam bot membuat akun secara otomatis. Selain itu, Anda dapat menyiapkan filter untuk memblokir alamat email yang mencurigakan atau yang berasal dari layanan email yang tidak Anda percayai.

    3. Menggunakan alat anti-spam

    Banyak sistem pemberian komentar mewajibkan pengguna membuktikan bahwa mereka benar-benar manusia, bukan skrip spam yang berbahaya. 

    Umumnya gambar yang terdistorsi (CAPTCHA) diperlihatkan kepada pengguna dan mereka diminta untuk mengetikkan huruf atau angka yang dilihat dalam gambar tersebut. Beberapa sistem CAPTCHA juga mendukung CAPTCHA audio. Cara ini efektif untuk mencegah spam komentar.

    Layanan reCAPTCHA gratis milik Google sangat mudah diterapkan pada situs Anda. Selain itu, data yang dikumpulkan dari layanan tersebut digunakan untuk meningkatkan proses pemindaian teks, seperti dari buku, surat kabar, atau peta. 

    Dengan reCAPTCHA, Anda tidak hanya melindungi situs dari pelaku spam namun juga membantu mendigitalkan buku-buku di dunia. 

    Anda juga dapat memeriksa alat eksternal yang dapat membantu memerangi spam komentar. Misalnya, sistem manajemen konten Anda mungkin memiliki alat yang bermanfaat yang tersedia untuk dipasang. 

    Ada juga beberapa alat gratis seperti Project Honeypot yang dapat membantu mencegah dan memerangi spam buatan pengguna di situs Anda. Kunjungi situs mereka untuk mendapatkan petunjuk cara menerapkan alat tersebut. (Google)

    Post a Comment

    Previous Post Next Post